Sulawesi Tenggara

Sulawesi Tenggara adalah sebuah provinsi di Indonesia yang beribukotakan Kendari.

Provinsi Sulawesi Tenggara terletak di Jazirah Tenggara Pulau Sulawesi, secara geografis terletak di bagian selatan garis khatulistiwa dan mempunyai wilayah daratan seluas 38.140 km² atau 3.814.000 ha dan wilayah perairan (laut) seluas 110.000 km² atau 11.000.000 ha

Sulawesi Tenggara ditetapkan sebagai Daerah Otonom . Pada awalnya terdiri atas 4 (empat) kabupaten yaitu: Kabupaten Kendari, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Muna, dan Kabupaten Buton dengan Kota Kendari sebagai ibukota provinsi. Setelah pemekaran, Sulawesi Tenggara mempunyai 10 kabupaten dan 2 kota.

Kabupaten, Kota

1 Kabupaten Bombana = Rumbia
2 Kabupaten Buton = Bau-Bau
3 Kabupaten Buton Utara = Buranga
4 Kabupaten Kolaka = Kolaka
5 Kabupaten Kolaka Utara = Lasusua
6 Kabupaten Konawe = Unaaha
7 Kabupaten Konawe Selatan = Andolo
8 Kabupaten Konawe Utara = Wanggudu
9 Kabupaten Muna = Raha
10 Kabupaten Wakatobi = Wangi-Wangi
11 Kota Bau-Bau –
12 Kota Kendari –

Obyek Wisata Kota Kendari

Teluk Kendari
Pantai Nambo
Pantai Karang Purirano
Pantai Mayaria
Pulau Bungkutoko
Tarian Molulo
Dekranas
Kerajinan Gembol
Taman Hutan Raya Murhum Pegunungan Nipa-Nipa
Hutan Nanga-Nanga
Cagar Budaya Makam Raja Sao-Sao
Situs Terowongan Jepang
Museum Sulawesi Tenggara
Kerajinan Perak Dan Sejarahnya
Seni Menenun
Suku Tolaki , Tolaki adalah salah satu suku yang ada di Sulawesi Tenggara.mendiami daerah yang berada di sekitar kabupaten Kendari dan Konawe. Suku Tolaki berasal dari kerajaan Konawe. masyarakat Tolaki umumnya merupakan peladang dan petani yang handal, hidup dari hasil ladang dan persawahan yang di buat secara gotong-royong keluarga. Raja Konawe yang terkenal adalah Haluoleo (delapan hari). Masyarakat Kendari percaya bahwa garis keturunan mereka berasal dari daerah Yunan Selatan yang sudah berasimilasi dengan penduduk setempat, walaupun sampai saat ini belum ada penelitian atau penelusuran ilmiah tentang hal tersebut. Karena masyarakat tolaki hidup berladang dan bersawah, maka ketergantungan terhadap air sangat penting untuk kelangsungan pertanian mereka. untunglah mereka memiliki sungai terbesar dan terpanjang di provinsi ini. Sungai ini dinamai sungai Konawe. yang membelah daerah ini dari barat ke selatan menuju Selat Kendari.