Propinsi di Tiongkok

Propinsi di Tiongkok

Dewasa ini, Tiongkok mempunyai 34 daerah administrasi tingkat propinsi, termasuk 23 propinsi, 5 daerah otonomi, 4 kota setingkat propinsi serta 2 daerah administrasi khusus.
4 kota setingkat propinsi ialah:

Beijing

Ibu kota Repubalik Rakyat Tiongkok, singkat disebut Jing, terletak di ujung barat laut padang datar Huabei. Pada semulanya disebut Jin, pada zaman perang Chunqiu merupakan ibu kota Yandu, pada dinasti Liao sebagai ibu kota dampingan, dan disebut Yanjing. Pada dinasti Jin, Yuan,Ming danQing menjadi ibu kota, disebut pula zhongdu, Dadu, Beiping, Beijing. Pada tahun 1928 ditempatkan sebagai kota. Kini, kota Beijing mempunyai 16 distrik dan 2 kapupaten, merupakan kota seingkat propinsi. Luasnya 16,8 ribu kilometer persegi. Pada akhir tahun 2002, jumlah penduduk 11,363 juta jiwa. Beijing adalah pusat politik Tiongkok, juga adalahp[usat kebudayaan, iptek dan pendidikan. Beijing adalah pula tempat pariwsta yang terkenal dengan Tembok Besar, Istana kuno dan sebagainya.

Shanghai


Shanghai singkat disebut Hu, terletak di tengah pesisir laut Tiongkok, muara sungai Yantse. Pada zaman kuno, daerah ini adalah desa perikanan, Pada dinsati Song baru ditempatkan sebagai kabupaten, dan tahun 1927 sebagai kota. Sekarang merupakan salah satu kota setingkat propinsi, dengan 18 distri dan 1 kabupaten. Shanghai adalah kota industri, bisanis dan moneter.

Tianjin

Tianjin singkat disebut Jin, terletak di Timur Laut padang datar Huabei. Pada tahun 1928 ditmepatkan sebafgi kota dnegan 15 distrik dan tiga kabupaten, adalah kota setingkat propinsi. Luasnya 11 ribu kilometer persegi. Pada tahun 2002, jumlah penduduknya 9,19 juta jiwa. Tianjin adalah pusat bisanis dan pelabuhan yang penting.

Chongqing

Chongqing singkat disebut Yu. Terletak di Timur Tiongkok barat daya, hilir sugnai Yanste. Pada zaman perang Chunqiu adalah tempat negara Ba. Tahun 1997, Chongqing detempatkan sebagai kota seingkat propinsi dengan 15 distrik dan 4 kabupaten serta 4 kabupaten otonomi. Luasnya 82,3 ribu kilometer persegi. Pada akhir tahun 2002, jumlah penduduknya 31,07 juta jiwa. Chongqing adalah koa industri.

23 propinsi lain
Nama Provinsi Singkat Disebut Ibukota
Heibei Ji Shijiazhuang
Shanxi Jin Taiyuan
Liaoning Liao Shenyang
Jilin Ji Changchun
Heilongjiang Hei Harbin
Jiangsu Su Nanjing
Zhejiang Zhe Hangzhou
Anhui Wan Hefei
Fujian Min Fuzhou
Jiangxi Gan Nanchang
Shandong Lu Jinan
Henan Yu Zhengzhou
Hubei E Wuhang
Hunan Xiang Changsha
Guangdong Yue Guangzhou
Hainan Qiong Haikou
Sichuan Chuan atau Shu Chengdu
Guizhou Qian atau Gui Guiyang
Yunnan Dian atau Yun Kunming
Shaanxi Shaan atau Qin Xi’an
Gansu Gan Atau Long Lanzhou
Qinghai Qing Xining
Taiwan Tai Taipei
Lima Daerah Otonomi :
Nama Derah Otonomi Singkat disebut Ibukota
Daerah Otonomi Mongolia Mongolia Huhehaote
Daerah Otonomi Tibet Tibet Lhasa
Daerah Otonomi Etnis Zhuang Gui Nanning
Daerah Otonomi etnis Hui Ningxia Ning Yinchuan
Daerah Otonomi Etnis Uigur Xinjiang Xin Urumuq
Dua Daerah Administrasi Khusus:
Daerah Administrasi Khusus Perkenalnan
Hongkong Tiongkok memulihkan pelaksanaan hak kedaulatan terhadap Hongkong sejak tanggal 1 Juli tahun 1997, dan ditempatkan daerah adaminsitrasi khsusu Hongkong, singkat disebut Gan. Hongkong terletak di muara timur Sungai Mutiara, termasuk pulau Hongkong, Kwuloon, xinjie serta pulau di sekitaranya, luasnya 1098,05 kilometer persetig, pada akhir tahun 2002, jumlah penduduk Hongkong 6,1858 juta jiwa.
Makao Tiongkok memulihkan pelaksanaan hak kedaulatan terhadap makao sejak tanggal 20 Desember tahun 1999. makao adalah semenanjung di tepi baratu muara suangai Mutiara, luasnya 25,8 kilometer persegi. Pada akhir tahun 2002, jumlah penduduk Makao merupakan 442 ribu jiwa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s