Tiongkok : Kota Kuno

Kota Kuno Gongtan – Chongqing





Gongtan, Kota kuno dari zaman Dinasti Ming dan Dinasti Qing ini dapat dianggap sebagai kompleks bangunan kuno yang agak luas kawasannya, dan yang dipelihara dengan sangat baik.
Ada lebih 200 buah rumah “Siheyuan”, yaitu rumah yang memiliki situs, yang dibangun dengan bata berwarna abu-abu, dan berbentuk simetris, serta lebih 50 buah rumah “Diaojiaolou”, yaitu rumah yang dibangun di atas tiang yang tinggi, yang beraneka bentuk, di Kota kuno ini.

 

Kota kuno Dukezong

Kota kuno yang bernama Dukezong terletak di kabupaten Shangri-la, Propinsi Yunan. Kota ini mulai dibangun pada Dinasti Tang dan telah bersejarah 1300 tahun lebih. Dukezong dalam bahasa Tibet adalah kota sinar bulan.

Kota Kuno Fenghuang yang penuh Misterius






Kota kuno Fenghuang yang terletak di sebelah barat daya Provinsi Hunan, merupakan sebuah kota sejarah dan budaya yang terkenal di China. Kota ini pernah disebut oleh penulis yang tersohor dari Selandia Baru, yaitu Rewi Ally, sebagai kota yang paling indah di Tiongkok.
Kota Fenghuang mendapat namanya dari sebuah gunung yang terdapat di sebelah barat dayanya, dan bentuk gunung itu seperti seekor phonex yang sedang terbang.

 

Kampung Kuno Wanyao, di Propinsi Zhejiang

Kampung Purba Wanyao terletak di hulu area aliran sungai Yulong, Kabupaten Cangnan, Kota Wenzhou, Provinsi Zhejiang. Di sini, sumber air banyak sekali, tanahnya subur, pemandangannya cukup menarik dan udaranya nyaman. Kampung kuno ini mulai ada pada zaman Hongwu Dinasti Ming (sekitar dari tahun 1368 hingga 1398). Sampai waktu ini, kampung kuno yang memusatkan bengkel kerajinan tangan dan lebih 300 buah bangunan yang bergaya era Dinasti Qing ini masih dipelihara dengan baik. Kampung merupakan sebuah “Museum Sejarah” yang benar dengan pemandangan sosial budayanya yang cukup istimewa.






 

Ukiran batu





Kabupaten Anyue, provinsi Sichuan merupakan kabupaten yang paling banyak memiliki peninggalan ukiran patung Buddha kuno di China.
Lebih 100 ribu buah patung Buddha yang diukir pada zaman berbagai dinasti di China telah ditemukan di sini. Patung yang diukir pada zaman dinasti Tang adalah patung yang paling terkenal.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s