Shandong : Kota kuno Zhoucun

Kota Kuno Zhoucun di Shantung

 

Untuk warga kota-kota besar, suasana di sekitarnya biasanya sulit memberikan ketenangan. Suasana yang sibuk dan bising sering mengganggu ketentraman jiwa. Lampu-lampu di jalanan yang menyilaukan mengiringi deruman mesin kendaraan mungkin hanya menyesakkan pikiran. Maka, banyak orang tertarik untuk mencari tempat yang mampu memberikan kedamaian pada akhir pekan.

Kota kuno Zhoucun terletak di bagian tengah provinsi Shandong dengan populasi lebih dari 300 ribu penduduk. Kota kuno yang mencakup empat buah kota kecil ini merupakan tempat yang bersejarah. Gelar kota kuno ini, yaitu “Kampung Pertama di Dunia” dikatakan dinamai oleh Kaisar Qianlong dari Dinasti Qing (tahun 1616 sampai 1911). Selain “Kampung Pertama di Dunia”, kota kuno Zhoucun juga mendapat gelar lain, diantaranya “Zhoucun yang amat berharga” dan “Kampung untuk produk Sutera” karena kota ini pernah menjadi kota perdagangan penting untuk daerah utara pada zaman kuno di China.

Suasana dalam kota kuno ini mengalami perubahan seiring dengan perkembangan zaman. Sekarang, tidak ada banyak zona perdagangan di sini. Namun, pemandangan kota kuno tetap diminati wisatawan dengan bangunan yang arsitekturnya tampak romantis dan dilengkapi tradisional budaya China serta pakaian penduduk lokal yang begitu anggun, yang memperlihatkan sistem nilai tradisional dan keunggulan budaya China pada zaman kuno. Menurut informasi, aktivitas tradisional pada musim perayaan, khususnya aktivitas untuk menyambut Tahun Baru China merupakan atraksi wisata untuk kota kuno ini. Aktivitas sambutan yang beraneka ragam tersebut menyorot fitur-fitur budaya dan kebiasaan penduduk di bagian utara China.

sumber: http://chindonews.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s