Chongqing : Kota Hotpot Tiongkok

Kota Chongqing di Tiongkok

 

 

 

 

 

 

 

Kota Chongqing, kota setingkat propinsi di bagian baratdaya Tiongkok, merupakan pusat ekonomi dan moneter di kawasan hilir Sungai Yangtze, pangkalan industri manufaktur modern yang penting, pangkalan industri teknologi tinggi kelas nasional, pusat pelayaran hilir Sungai Yangtze, bagian dari daerah pembangunan besar-besaran di bagian barat Tiongkok. Kota Chongqing pernah merupakan ibu kota Tiongkok dalam peperangan anti Fasis dan pusat komando anti Fasis di Timur Jauh. Chongqing pernah dijuluki sebagai “Chicago Timur” oleh Majalah “Diplomatic Policy” Amerika.

Kota Chongqing terletak di bagian timur Tanah Mangkok Sichuan, dengan luasnya sekitar 82,402.95km, jumlah populasinya 28,846,170 jiwa pada tahun 2010. Nilai total produksinya pada tahun 2010 mencapai 789 miliar yuan RMB atau sekitar US$123 miliar. Obyek wisata yang terkenal di Chongqing adalah antara lain Tiga Ngarai Sungai Yangtze, Monumen Pembebasan di pusat kota, Chaotianmen, Kota Baidi dan lain sebagainya.

Makanan khas di Chongqing adalah Hotpot yang sangat laris dan digemari oleh penduduk setempat. Chongqing adalah salah satu tempat asal usul Hotpot, maka dijuluki sebagai Kota Hotpot Tiongkok.

Sumber : chindonews.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s