Urumqi, Xinjiang

The International Grand Bazaar Market, Urumqi, Xinjiang Province

Urumqi adalah ibukota daerah otonomi propinsi Xinjiang dengan penduduk berkisar 3,1 juta jiwa (sensus 2010) dan suku Uighur menempati posisi terbanyak di antara 16 suku minoritas lainnya. Kota Urumqi masuk dalam Guinness Book of Records sebagai kota terjauh dari garis pantai manapun (2.500 km) atau disebut sebagai kota yang paling terpencil di dunia.

The Xinjiang International Grand Bazaar merupakan icon dari kota Urumqi.
Bazaar Market ini adalah pasar terbesar di seluruh wilayah propinsi Xinjiang dan menjadi pusat kegiatan ekonomi bagi warga kota Xinjiang yang mayoritas adalah muslim. Seluruh bangunan di area Bazaar Market ini berarsitektur Timur Tengah lengkap dengan bangunan mesjid dan menaranya yang sangat megah.
Tidak hanya menjadi pusat kegiatan ekonomi bagi warga lokal, Bazaar Market juga dikombinasikan sebagai pusat kegiatan budaya islam, turisme dan hiburan.
Sebagai pusat kegiatan ekonomi dan pariwisata, bangunan pasar ini memiliki beberapa blok yang masing-masing terdiri dari 4 lantai. Di lantai bawah tanah terdapat Carrefour, lantai dasar ada KFC, pasar jajanan yang kebanyakan menjajakan berbagai jenis kacang almond dengan harga antara RMB 30 – 100an/kg (tawar menawar) dan manisan anggur kering, pernak pernik souvenir dari jepitan rambut, gelang tangan, syal, pajangan dari keramik berwarna-warni berupa tempat  tusuk gigi yang unik, lampu Aladin, unta, teko antik, dimulai dari harga sekitar RMB 35-50. permadani khas Timur Tengah, kaos, baju, sepatu, sandal, dan masih banyak lagi…
Lantai dua khusus menjual kebutuhan wanita seperti komestik dan pakaian.
Lantai tiga khusus pakaian pria dan anak-anak. Oleh karena itu pengunjung lantai dua dan tiga kebanyakan warga lokal suku Uighur.

 

Lantai empat adalah pusat hiburan lengkap dengan restoran ala buffetnya. Jika Anda berkesempatan mengunjungi Urumqi jangan lewatkan menonton show tarian tradisional dari suku Uighur ini.

Jika Anda bertemu dengan warga suku Uighur di daerah/propinsi lain di China selain Xinjiang maka Anda pasti mengira mereka adalah bule blasteran Eropa Timur/Rusia. Tapi jika Anda bertemu dengan bule di Xinjiang dan Anda sapa dengan bahasa Mandarin maka akan langsung dijawab karena perawakan mereka (suku Uighur) memang jauh lebih mirip bule ketimbang China. Postur tubuh mereka tinggi besar, guanteng-guanteng dan cantik-cantik layaknya bule.

Heavenly Lake, Urumqi, Xinjiang

 

  
heavenly lake of urumqi xinjiang the beauty of heavenly lake of xinjiangnature beauty of heavenly lake of urumqi xinjiang beautiful heavenly lake of urumqi xinjiang

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s