Lhasa – Tibet : Kota Langit

‘Tibet’ yang daerahnya memiliki ketinggian rata-rata 4.900 mdpl rasanya nyali ini biasa-biasa saja🙂 karena dalam bayangan toh ketinggian Tibet hanya sedikit melebihi (1000an m) ketinggian Jiuzhaigou yang sudah beberapa kali saya kunjungi.

 

Satu hal yang luput dari pikiran saya adalah bahwa pegunungan di daerah Tibet rata-rata gersang alias tandus sehingga oksigennya sangat minim. Beda dengan Jiuzhaigou yang walaupun ketinggiannya rata-rata di atas 3.000 mdpl namun kekayaan alam tumbuh-tumbuhannya sunguh melimpah. Sejauh mata memandang adalah pohon-pohon yang menghijau dan berwarna-warni.

Tidak aneh kalau hari pertama mendarat di Lhasa rombongan wisatawan selalu disarankan untuk menginap di hotel dan tidak melakukan kegiatan sama sekali, beristirahat total beradaptasi  dengan ketinggian Tibet yang minim oksigen. Dan memang…hanya satu kata yang tepat untuk melukiskan kondisi cuaca di Tibet: ekstrim!
Perlu waktu 4 hari untuk ‘bernegosiasi’ dengan cuaca Tibet. Selama hari pertama sampai hari ke tiga biasanya akan banyak wisatawan yang ‘tumbang’ bahkan ada beberapa orang yang menyerah sehingga earlier check-out, kembali pulang ke kota transit Chengdu!

Minimnya oksigen dan keringnya udara menyebabkan kepala pening, lemas bahkan muntah dan demam (bagi mereka yang dalam kondisi kurang fit). Semua ini akan terjadi bagi wisatawan yang kurang atau tidak mempersiapkan diri menghadapi ekstrimnya cuaca di Tibet.

Untuk itu disarankan sebelum keberangkatan ke Tibet sebaiknya Anda mempersiapkan stamina dengan minum suplemen vitamin dan bila perlu konsultasi dengan dokter pribadi Anda terlebih dahulu. Ada satu suplemen herbal yang dikhususkan untuk beradaptasi dengan daerah ketinggian/pegunungan dan biasanya diminum oleh wisatawan asal Tiongkok, namanya HONG JING TIAN. Karena hampir sama dengan kualitas kebanyakan produk saat ini (KW1 KW2 dst…) Hong Jing Tian juga diproduksi dalam berbagai varian: ada yang berbentuk cairan, pil dan bubuk. Untuk itu Anda harus pintar-pintar mencari produk yang benar-benar bekerja efektif dalam menstabilkan kondisi tubuh dengan daerah ketinggian yang Anda kunjungi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s